Penyebab mesin cuci berdengung

Ini lah beberapa penyebab mesin cuci hanya berdengung tidak mau berputar. Untuk tentang penyebab mesin cuci berdengung atau mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo harus di cek satu persatu di mana penyebab nya.

Penyebab mesin cuci hanya mendengung

Mesin cuci yang hanya berdengung ini biasa terjadi untuk mesin cuci 2 tabung. Tapi juga tidak menutup kemungkinan terjadi pada mesin cuci 1 tabung top loading maupun mesin cuci 1 tabung front loading. Untuk berdengung nya mesin cuci 2 tabung itu bisa terjadi pada bagian pengering bisa juga terhadi pada mesin pencucinya.

Untuk mengetahui penyebab mesin cuci yang hanya berdengung atau putarannya lemah pada mesinn cuci 2 tabung, kita harus memastikan dulu bagian mana yang putarannya lemah atau bahkan tidak berputar, pada bagian pengering atau pencuci nya. Dan kemungkinan penyebab mesin cuci tidak mau berputar atau hanya berdengung itu bisa di sebabkan antara lain

Penyebab dinamo berdengung



  • Ada bagian kabel yang putus

  • Kapasitor sudah lemah atau juga bisa sudah tidak berfungsi anggap saja mati.

  • Gulungan dinamo sudah lemah

  • Salah satu kawat gulungan dinamo putus.

  • Gear box atau seal yang sudah rusak


Jadi setelah anda menentukan bagian dinamo yang mana yang berdengung, maka mulailah cek jalur yang menyebabkan kerusakan satu persatu.

Instalasi kelistrikan


Bagian kabel terputus, coba telusuri dulu kabel di mulai dari kabel yang keluar dari dinamo satu persatu dengan menggunakan alat avometer, dari dinamo ke kapasitor sampai ke timer serta ke Sumber tegangan nya.

Kapasitor lemah


Kapasitor lemah atau mati, hal ini sangat memungkinkan sekali yang menjadi penyebab dinamo mesin cuci yang hanya berdengung. Karena kapasitor adalah alat untuk pembantu menjalankan dinamo mesin cuci 2 tabung. Tapi untuk 1 tabung ada beberapa yang mengaplikasikan dinamo tanpa menggunakan kapasitor.

Baca juga:Penyebab Mesin cuci Airnya keluar terus dan cara perbaikannya

Gulungan dinamo


Gulungan dinamo sudah lemah, ini pasti akan membuat putaran mesin cuci lemah atau berdengung. Cara taunya coba cek dinamo tanpa beban, atau cek dinamo secara terpisah dengan body. Coba putar dengan tangan. Jika ringan coba nyalakan dengan listrik, jika tidak berputar coba cek jalur ke tiga kabelnya menggunakan avometer, apakah menyambung antara kabel 1 dengan kabel lainnya. Cek secara bergantian dari ke tiga kabel tersebut. Jika nyambung, coba cek as dinamo dengan menggerakkan kanan kiri apakah Oblak atau tidak, jika Oblak, kemungkinan bos bosannya yang sudah rusak. Atau juga bisa di lakukan percobaan dengan menjalankan dinamo dengan listrik, dan pada saat tidak mau berputar coba bantu dengan memutar dengan bantuan tangan.

Bearing / bos bosan


Jika kerusakan terdapat pada bos bosan atau bisa di bilang penggantinya klaker atau bearing maka di tandai dinamo bisa berputar dengan bantuan di putar dengan tangan tapi kadang putaran nya kasar dan tersendat sendat.

Kawat gulungan


Kawat gulungan ada yang salah satu putus juga bisa menyebabkan dinamo berdengung.. coba cek satu persatu jika ada yang putus dan ada di ujung maka sambung kembali, tapi jika di tengah maka serahkan saja ke tukang gulung dinamo.

Gear box


Gear box dan seal yang sudah rusak juga bisa membuat putaran dinamo mesin cuci berdengung kadang juga bisa membuat putaran mesin cuci tersendat sendat. Untuk gear box itu biasanya terdapat pada bagian pencuci mesin cuci 2 tabung. Coba cek dengan memutar dengan tangan, jika terdengar suara kasar dan berat kemungkinan ini juga bisa menjadi penyebab nya. Untuk seal karet ini terdapat pada bagian pengering mesin cuci 2 tabung. Coba cek juga dengan memutar menggunakan tangan jika dirasa keras coba bongkar dan berikan pelumas dengan oli ataupun pakai Grease.

Mungkin cukup sekian dulu bahasan tentang mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo, jika ada pertanyaan atau saran silahkan sampaikan lewat kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

2 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon