Manfaat SEO pada website untuk bisnis online

Apakah tujuan SEO untuk sebuah website dalam bisnis online? Tentu anda akan bertanya tanya tentang manfaat SEO untuk website dalam dunia internet marketing atau dalam bisnis online.

Manfaat SEO pada website untuk bisnis online

Apa itu SEO ?

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization, adalah segala usaha untuk sebuah website agar bisa tampil di halaman mesin pencari internet, misalnya google, Yahoo, AOL dll sesuai dengan kata pencarian yang di target kan.  SEO sendiri di pecah menjadi beberapa kategori penyebutan, ada SEO off page dan SEO on page, ada juga penyebutan lagi SEO friendly, untuk SEO friendly bagi saya bisa mencakup untuk SEO off page maupun on page.

Apa itu SEO on page ?

SEO on page adalah sebuah langkah optimasi SEO di dalam website atau blog itu sendiri. Mulai dari desain tampilan, penulisan, tata letak, pengaturan meta tag untuk judul website judul promosi, mengatur meta description yang nantinya bisa muncul di search engine, optimasi gambar, dll. Intinya mengoptimalkan website atau blog yang masih di lingkungan dalam sebuah website.

Baca juga: contoh kata kunci dalam artikel

Langkah langkah membuat seo yang baik dan benar

Design tampilan sebuah website

Tampilan sebuah website ini juga kan mempunyai pengaruh besar dalam dunia SEO. Tampilan yang enak dan mempunyai struktur navigasi lengkap dan mudah tentu pembaca atau pengunjung akan merasa nyaman saat membaca dan navigasi yang jelas tentu pengunjung akan dengan mudah mencari informasi atau membaca semua yang ada dalam sebuah website tersebut. Dan jika pengunjung betah di dalam website kita tentu efek positif akan di dapat di mata search engine. Ibarat kata jika seseorang betah tinggal di rumah kita, tentu orang lain akan menilai bahwa rumah kita di dapati sebuah kenyamanan. Dan jika pengunjung tersebut merasa nyaman dan puas tentu tanpa di sengaja jika ada orang lainnya mencari informasi serupa akan mereferensikan untuk datang ke website atau blog kita.

Apa itu meta tag ?

Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”. Secara umum, terdapat beberapa macam meta tag dengan fungsi yang berbeda. Beberapa fungsi tersebut misalnya meta keywords, robots, dan description.

Baca juga: Panduan riset keyword SEO terbaik by yoast

Pengertian keyword semantic dan fungsinya

Apa yang di maksud SEO off page

SEO off page adalah segala upaya optimasi yang berhubungan dengan website kita namun tidak dalam lingkungan atau di lokasi website. Misalnya jika kita ingin website kita agar bisa tampil di Mesin pencari Google, maka kita setidaknya harus memperkenal website kita di Google. Lalu caranya bagaimana? Di dalam mesin pencari itu ada yang namanya webmaster. Jika di google biasa di sebut GWT atau Google Webmaster Tools. Jika kita sudah mempunyai akun Gmail, kita tinggal ketik di pencarian google webmaster. Setelah ketemu lalu kita masuk atau daftar google webmaster tools. Setelah kita berada di beranda search console maka yang pertama muncul kotak untuk mendaftar nama sebuah website. Lalu masukkan alamat url website atau blog anda dan ikuti langkah demi langkah yang di rekomendasikan. Di situ banyak banget bagian bagiannya. Pelajari dan ikuti langkah sesuai petunjuk nya.

Selain GWT, SEO off page itu masih banyak lagi yaitu ada yang namanya Backlink, promosi web dll.

Apa itu backlink?

Backlink adalah sebuah pranala balik atau tautan link url yang mengarah ke website atau ke blog kita. Tapi dalam optimasi atau mencari backlink kita harus pilih ² yang bagus. Karena kalau tidak akan sia sia. Ibarat kata orang yang merekomendasikan datang ke rumah kita itu siapa?? Seandainya yang merekomendasikan datang ke rumah Kita antara pak lurah dan anak jalanan yang suka bohong tentu bagus yang mana? Tentu anda bisa mengerti kan maksud saya?

Sampai disini tentunya Anda tahu kan apa manfaatnya SEO pad sebuah website dalam dunia bisnis online atau juga bisa di sebut internet marketing? Jika anda bisa mengerti bahasa dalam penyampaian saya tentang SEO ini tentu anda sudah bisa mengambil kesimpulan apa pentingnya atau manfaat SEO secara umum.

Baca juga: Jasa SEO murah Berkualitas dan Terpercaya

Lalu apa keuntungan lain SEO untuk website dalam bisnis online?

Keuntungan SEO dalam bisnis online adalah. Website kita tentu akan banyak peluang dalam penjualan produk yang kita tawarkan, karena website kita bisa menjadikan wadah promosi yang kelihatan pada saat pembeli atau pencari informasi di internet atau di search engine sesuai yang mereka ketikan di pencarian.

Jadi itulah manfaat SEO untuk website secara umum dalam dunia bisnis online atau dunia internet marketing.

Semoga bermanfaat dan jika ada kekurangan dalam penjelasan saya atau ada kesalahan, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Dan selamat berkarya.


EmoticonEmoticon