Penyebab air mesin cuci tidak keluar

Sering kali kita jumpai macam macam keluhan tentang pemakaian mesin cuci. Kali ini saya akan sedikit berbagi tips untuk keluhan penyebab mesin cuci airnya tidak keluar.

Air mesin cuci tidak keluar saat membuang atau di buang ini bisa terjadi pada mesin cuci 1 tabung ataupun dua tabung. Untuk satu tabung bisa terjadi pada mesin cuci satu tabung front loading maupun top loading. Apa yang di maksud mesin cuci satu tabung front loading ? Mesin cuci satu tabung front loading adalah mesin cuci yang pintunya ada di depan atau pada sisi mesin cuci. Kalau yang top loading adalah mesin cuci yang pintunya ada di bagian atas. Dan berikut saya akan memberikan sedikit informasi tentang penyebab mesin cuci tidak keluar air saat membuang menurut jenis nya.

Penyebab mesin cuci air tidak keluar

Mesin cuci 2 tabung tidak keluar air saat membuang.


Untuk keluhan tentang penyebab mesin cuci 3 tabung yang tidak keluar air saat membuang ini cukup mudah mencari penyebab dan juga perbaikan nya. Pada mesin cuci dua tabung jika di saat membuang air tapi airnya tidak keluar coba perhatikan yang harus di cek lebih dahulu.

  • Buka scrub penutup bagian sisi belakang mesin cuci 2 tabung

  • Buka penutup bagian belakang mesin cuci

  • Perhatikan atau cari bagian klep pembuangan air nya

  • Jika sudah ketemu coba mainkan selector pembuangan mesin cucinya, putar pada posisi Drain atau membuang.

  • Perhatikan apakah tali penarik katup klep pembuangan berjalan normal? Jika tidak bergerak dapat di pastikan tali pengait pembuangan yang rusak. Mungkin putus atau bisa karena lepas. Coba perhatikan betul lalu perbaiki.

  • Jika tali pengait pembuangan mesin cuci 2 tabung saat di mainkan masih normal, atau bisa menaikkan atau menurunkan katup klep pembuangan mesin cuci, maka langkah selanjutnya coba perhatikan klep pembuangan. Biar lebih gampang putar selector pembuangan pada posisi normal bukan posisi Drain atau membuang. Lalu coba buka perlahan tutup klep pembuangan, oiya hati hati jika air masih banyak pada tabung mesin cuci, amankan dinamo mesin cuci dengan menutup plastik atau lainnya agar tidak terkena air. Setelah penutup terbuka, coba perhatikan adakah kotoran yang menghambat jalur pembuangan airnya. Yang sangat sering terjadi adalah tertutup sama uang logam atau uang koin logam. Jika iya ambil kotoran atau koin yang menghambat jalannya air nya tersebut. Jika air sudah bisa keluar lalu tutup kembali klep pembuangan air mesin cuci tersebut. Sudah bisa di pastikan problem penyebab mesin cuci 2 tabung air tidak bisa keluar sudah terselesaikan.

Baca juga. Penyebab mesin cuci berdengung

Penyebab air tidak keluar pada mesin cuci 1 tabung front loading.


Untuk keluhan atau penyebab mesin cuci 1 tabung front loading tidak keluar airnya saat membuang sebenarnya ini cukup rumit bagi orang awam. Trouble ini sebaiknya di lakukan oleh teknisi mesin cuci yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Tapi saya akan coba sedikit memberikan informasi tentang penyebab mesin cuci 1 tabung front loading tidak keluar air saat membuang. Untuk keluhan mesin cuci 1 tabung front loading tidak keluar air ini bisa terjadi karena ada koin atau uang logam yang menghambat, tapi ada beberapa faktor lain juga yang menyebabkan nya. Air tidak bisa keluar pada mesin cuci front loading bisa terjadi karena ada kerusakan pada sistem elektronik atau modul PCB yang tidak bisa mengirimkan sinyal untuk memberikan arus pada pompa pembuangan nya.

Oh iya untuk mesin cuci front loading rata rata pembuangannya di bantu oleh pompa air kecil. Jika mesin cuci menggunakan timer kemungkinan platina atau jalur arus listrik yang menuju pompa air pembuangan nya kotor atau mungkin putus. Jika jalur jalur arus listrik nya masih aman atau bisa di bilang arus yang ada di dua kabel pompa pembuangan normal kemungkinan pompa air pembuangan nya yang rusak. Jika iya coba perbaiki atau di lakukan penggantian.

Baca juga. cara mencuci di mesin cuci agar pakaian tidak rusak

Penyebab air mesin cuci 1 tabung top loading tidak keluar air.


Untuk penyebab mesin cuci 1 tabung top loading hampir sama dengan mesin cuci 1 tabung front loading. Akan tetapi hampir 90% mesin cuci top loading menggunakan sistem kelistrikan dengan modul PCB. Cuma yang membedakan kalau front loading menggunakan pompa air kecil untuk membuangnya tapi kalau top loading menggunakan sistem penarik katup klep pembuangan yang mirip mesin cuci 2 tabung. Air tidak keluar pada mesin cuci 1 tabung top loading juga bisa di sebabkan uang koin atau uang logam yang menghambat jalannya air pembuangan nya.

Mungkin cukup sekian sedikit tip tentang penyebab mesin cuci air tidak keluar saat membuang. Jika ada kesalahan pada penulisan saya atau ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar tersedia di bawah ini. Terimakasih semoga bisa bermanfaat. Gatekno.net

This Is The Newest Post

1 komentar so far

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon