Penyebab kulkas dingin tapi tidak beku dan memperbaikinya

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab kulkas dingin tidak beku. Hal ini kadang hanya karena masalah sepele tapi bisa berakibat fatal.

Sebelum kita membahas apa penyebab kulkas dingin tapi tidak beku, mari sedikit tahu apa yang akan di akibatkan dari kulkas dingin tapi tidak bisa membekukan makanan.

Ada jenis makanan atau barang yang penyimpanannya harus beku dan tidak boleh beku, sesuai karakter barang yang di simpannya. Misalnya daging, ikan atau es batu itu dalam penyimpanan nya harus di bawah titik beku, yaitu harus di bawah suhu 0° c. Tapi rata2 untuk penyimpanan Frozen harus di bawah -12° c. Dan jika jenis barang atau makanan seperti buah²an sayuran, minuman itu rata rata pada saat suhu antara 2°c sampai 6°c, sedangkan minuman ber alkohol antara 6°c sampai 16°c tergantung karakter minuman nya juga.

Penyebab kulkas tidak beku


Ok mari kita mulai bahas sedikit tentang penyebab kulkas dingin tapi tidak beku,

Penyebab utama kulkas dingin tapi tidak beku adalah di karenakan proses kerja dalam pendinginan atau pengambilan kalori tidak maksimal, hal ini bisa di sebabkan oleh beberapa hal dari sparepart yang ada pada instalasi kulkas.

Penyebab kulkas 1 pintu dingin tapi tidak beku


Pada kulkas 1 pintu dingin tapi tidak bisa membekukan, bisa anda cek mulai dari bagian evaporator atau biasa di sebut pada bagian freezer yang berada di bagian atas dalam kulkas.

  • Cek atau lihat apakah bagian pintu kecil pada bagian evaporator atau freezer bisa menutup rapat? Karena jika tidak tertutup rapat pembekuan pada freezer tidak akan maksimal, karena dingin dalam freezer terbuang ke bagian bawah. Jika tidak bisa tertutup rapat maka perbaiki agar bisa tertutup rapat.

  • Cek atau lihat apakah gumpalan es pada evaporator atau freezer terlalu tebal? Jika iya maka bersihkan dulu dan kecilkan thermostatnya. Kenapa? Karena proses pendinginan yang bagus atau evaporator paling dingin adalah evaporator yang terjadi frost atau lapisan bunga es tipis tapi merata di semua bagian evaporator. Jika setelah di lakukan semua nya dan pada beberapa hari terjadi lagi gumpalan es yang tebal kemungkinan termostat sudah tidak efektif. Bisa di lakukan penggantian sesuai ukuran nya.

  • Cek atau lihat apakah evaporator menggumpal tebal hanya pada sebagian evaporator. Jika iya ini bisa di sebabkan dari proses sirkulasi refrigerant atau freon kurang lancar. Hal ini bisa di sebabkan oleh, torsi kompresor sudah menurun, kapiler tersumbat, evaporator terdapat oli yang tidak bisa kembali ke kompresor, bisa juga freon kurang. Untuk identifikasi hal ini sebaiknya di lakukan oleh teknisi pendingin yang sudah berpengalaman. Karena banyak tahap untuk bisa memastikan bagian mana yang kurang maksimal.

Penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku


Penyebab kulkas dingin tapi tidak beku pada kulkas 2 pintu atau lebih atau bisa saya kategori kan sistem pada penyebaran dinginnya menggunakan bantuan fan atau kipas. Pada dasarnya sih hampir sama penyebab nya, yaitu proses pendinginan kurang maksimal. Coba telusuri satu persatu.

  • Penggumpalan pada evaporator.. penggumpalan pada evaporator ini biasanya menjadi penyebab utama yang sering terjadi jika kulkas dingin tapi tidak beku. Karena jika evaporator menggumpal es apalagi berlebihan tentu saja pengambilan kalori atau sebut saja sirkulasi pendinginan atau dingin nya evaporator tentu tidak maksimal. Atau juga bisa di bilang sirkulasi angin dalam kulkas terhambat. Lalu apa penyebabnya? Rata² ini terjadi karena proses defrost atau pencairan tidak bisa maksimal, bisa juga frost pada evaporator tidak merata, dan menggumpal pada sebagian evaporator nya. Penggumpalan pada evaporator juga bisa terjadi karena air sisa defrost tidak bisa keluar, sehingga pada saat proses pembekuan air akan ikut beku dan menutupi rongga tempat sirkulasi angin nya.

  • Kompresor sudah lemah juga bisa menjadi penyebab kulkas dingin tapi tidak beku, ya jika kompresor sudah lemah akan pasti jelas kulkas dingin nya kurang maksimal.

  • Sama halnya kulkas 1 pintu... Bagian pintu yang tidak rapat juga bisa menjadi penyebab kulkas dingin tapi tidak bisa beku. Karena udara dingin akan terbuang keluar.. tapi ini bagian daun pintu yang luar bukan pintu dalam seperti kulkas 1 pintu. Ini bisa di sebabkan karena karet atau gasket pintu sudah rusak atau magnet tidak nempel rapat. Bisa juga engsel pintu sudah kendor.

Baca juga: Tips dan penyebab kulkas bersalju

Penyebab kulkas berisik dan cara memperbaikinya



Mungkin sekian tips dari kami tentang penyebab dan cara memperbaiki kulkas dingin tapi tidak beku. Jika ada yang salah pada tulisan saya atau ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar dibawah ini.


EmoticonEmoticon