Cara mengelas besi dengan tembaga

Tehnik cara mengelas besi dengan tembaga, sering di lakukan oleh para teknisi kulkas.  Untuk caranya sebelumnya bisa di bilang cukup mudah dan cepat.

cara mengelas besi dengan tembaga

Dalam perbaikan kulkas untuk pengisian atau penggantian Refrigerant atau freon, rata rata kita harus melakukan dengan cara menambahkan pentil untuk pengisian nya. Ya karena rata rata kulkas rumahan di desain tidak di berikan nya pentil untuk pengisian atau penambahan freon.

Untuk kulkas rumahan rata rata memang juga tidak di desain untuk di lakukan perawatan atau maintenance rutin secara teknis. Kulkas rumahan hanya perlu perawatan untuk kebersihan nya area penyimpanan saja.

Di waktu perbaikan kulkas sendiri jika Freon atau refrigerant habis tidak cuma mengisi freon atau refrigerant saja. Tapi sebelum pengisian wajib di lakukan sejumlah sparepart pendukung tertentu agar hasil perbaikan akan lebih maksimal. Misalnya Filter dryer, penambahan pentil sebagai tempat pengisian dan proses pevakuman.

Baca juga :Cara las Evaporator Condensor AC Alumunium Mudah

Cara pengelasan pipa tembaga ac yang bagus

Untuk kulkas rumahan rata rata di bagian evaporator terbuat dari bahan aluminium, dan untuk kondensor nya terbuat dari bahan besi. Untuk kulkas yang evaporator dan kondensor yang menggunakan bahan besi dan aluminium biasanya produk dari Asia, Jepang, China, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand ataupun Indonesia.

Dan untuk pengelasan besi dan tembaga ini agar hasil yang maksimal harus di perlukan ketrampilan yang cukup serta menggunakan bahan tambahan untuk proses pengelasan nya. Bahan bahan yang harus di persiapkan untuk cara mengelas besi dengan tembaga adalah


  • Borak ( bisa di dapat di toko bangunan atau tukang las karbit )

  • Amplas untuk membersihkan.

  • Alat las

  • Perak las


Teori untuk cara mengelas besi dengan tembaga


Untuk cara luasnya itu cukup mudah, yaitu sebelum di lakukan pengelasan swaging dulu salah satu pipa agar bisa tersambung, bersihkan semua permukaan yang akan di sambung atau di las. Persiapkan alat las, jika pengelasan menggunakan alat tourch menggunakan alat kecil atau gas hi-cook maka pasang dulu seng atau plat sebagai penutup agar api tidak menyebar sekaligus agar api lebih fokus ke titik las.

Setelah alat di persiapkan, nyalakan tourch atau las, lalu panaskan bagian yang akan di sambung sampai kelihatan merah membara, setelah itu ambil besi atau perak ikut di panasin seperlunya lalu celupkan ke Borak. Lalu tempelkan borak di bagian permukaan yang akan di sambung, pertahankan api jangan terlalu over merahnya. Setelah itu tempelkan umpan las atau perak sampai merata dan kelihatan mengkilap. Jika di kira sudah cukup rata lalu matikan alat las, dan diamkan sampai dingin, jangan di basahi air agar tidak terlalu keras.

Ok mungkin cukup sekian untuk tips cara mengelas besi dengan tembaga, semoga bisa bermanfaat.

 


EmoticonEmoticon