Penyebab tabung freon meledak

Untuk rekan rekan praktisi pendingin, kita harus waspada dan tau apa penyebab tabung freon meledak atau penyebab tabung refrigerant bisa meledak. Kalau tidak akan terjadi hal sangat fatal ke diri kita.

Penyebab tabung freon meledak

Rekan Rekan rekan praktisi pendingin, mari mulai sekarang kita bekerja lebih hati hati. Usahakan kita bekerja sesuai SOP ( Standard Operating Procedure ). Memang sih untuk bekerja sesuai Sop juga memerlukan biaya dan merubah kebiasaan lama. Tapi ini semua berakibat positif untuk diri kita. Karena jika mengabaikan nya kemungkinan bisa terjadi hal-hal buruk menimpa diri kita dan orang lain di sekitar kita.



Kembali ke topik penyebab tabung freon meledak, kemungkinan rekan rekan praktisi pendingin atau hvac sedikit bertanya apakah tabung freon bisa meledak? Atau kenapa tabung freon meledak ? Baik di sini akan coba saya jelaskan sedikit dari beberapa penyebab tabung freon meledak.

  • Cara pemilihan tabung freon

  • Tabung freon sudah tidak layak

  • Cara menyimpan atau cara membawanya


Cara pemilihan ya tabung Freon

Kesalahan-kesalahan pemilihan tabung freon ini sering di lakukan oleh teman teman praktisi pendingin yang mengabaikan SOP dalam bekerja, sehingga kadang bisa mengakibatkan kecelakaan-kecelakaan kerja. Tabung. Freon bisa meledak biasanya kesalahan saat kita menggunakan tabung freon yang salah di saat isi ulang atau Refill freon yang mempunyai tekanan tinggi, misalnya R 32 R 410 dan beberapa jenis freon Musicool keluaran Pertamina. Tapi untuk Musicool telah ada perbedaan tabung khusus dengan desain yang berbeda. Untuk R 32 atau R 410 sebenarnya juga berbeda, namun jika di lihat dari model masih tetap sama.  Jadi yang perlu di perhatikan adalah ketebalan tabung freon tersebut. Bisa di lihat dari berat tabung saat kosong. Jika tabung aman untuk R 32 atau R 410 tabungnya lebih berat dari tabung R 22 atau 134a. Jadi sebaiknya sebelum Refill freon perhatikan karakter freon dan jenis tabungnya.

Tabung Freon tidak layak

Kejadian ini juga sering di abaikan oleh teman teman praktisi pendingin, tabung freon yang sudah mulai usang tetap masih di pakai untuk melakukan Refill, mungkin alasannya karena tidak ada yang lain. Hmmm ... Jangan korbankan keselamatan kita hanya karena sebuah tabung freon, lagian harga tak seberapa, cuma sepuluh ribuan kok. Jadi tabung freon yang sudah mulai rusak sebaiknya anda tinggalkan. Lalu ciri fisik tabung freon yang sudah mulai rusak bisa di lihat dari bagian bawah tabung, jika sudah terlihat permukaan tabung berkarat atau cat tabung sudah mulai mengelupas sebaiknya buang saja. Ini bisa berbahaya bisa menyebabkan tabung Freon meledak.

Baca juga Mengapa listrik bisa mengakibatkan kebakaran

Cara penyimpanan atau membawanya

Untuk semua jenis freon hindari penyimpanan di tempat yang terlalu panas berlebihan karena bisa menyebabkan tabung freon meledak. Jika penyimpanan untuk waktu yang lama hindari juga menyimpan di tempat yang terlalu lembab. Karena hal ini dapat memicu cepatnya tabung berkarat.

Ok cukup sekian tentang penyebab tabung freon bisa meledak. Semoga bisa bermanfaat. Jika ada kritik dan saran bisa anda sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini, Terimakasih


EmoticonEmoticon