Cara setting thermostat digital elitech ETC 200


Untuk cara setting thermostat digital elitech etc 200 ini beda dengan cara setting thermostat digital merk eliwell ataupun Dixall, sebenarnya untuk settingan elitech etc 200 cukup simpel karena memang tidak terlalu banyak pengaturan nya. Mungkin karena harga yang agak miring. 





Cara setting thermostat digital elitech ETC 200
Elitech ETC 200





Sebelum kita mulai untuk membahas tentang cara setting thermostat digital elitech ada baiknya kita mengerti arti dari pengertian pengaturan pada thermostat elitech etc 200 agar kita lebih mengerti untuk fungsi fungsi nya. Agar tidak terjadi kesalah pahaman pada saat pengaturannya.





Berikut pengaturan thermostat digital elitech etc 200 






  • F01 Set temperatur upper limit , maksud dari pengaturan tersebut adalah titik suhu paling tinggi atau jika di fungsikan dalam pendingin freezer atau chiller adalah mengatur titik di suhu berapa kompresor akan hidup. Contoh jika suhu yang di inginkan adalah 2°c sampai 5°c maka F01 di setting di angka 5.

  • F02 Set temperatur lower limit, yang artinya sebagai pengaturan suhu terendah yang di inginkan. Atau titik suhu di mana kompresor akan mati atau stanbay.

  • F03 Temperatur calibration,  untuk F03 ini adalah pengaturan kalibrasi tampilan suhu. Atau untuk mencocokkan tampilan display suhu dengan alat suhu lainnya. Ambil sebagai contoh. Suhu yang tampil di display adalah 5°c, sedangkan alat thermometer lain membaca 3°c, jadi agar tampilan di display etc 200 ini agar sama 3°c adalah dengan cara menurunkan settingan 2 titik. Atau di -2  begitu juga sebaliknya jika ingin menaikkan maka juga di naikan.

  • F04 Start-up delay, artinya ini pengaturan spasi atau bisa juga di artikan waktu tunggu. Contoh jika pengaturan suhu antara 2°c sampai 5°c, pas di suhu 2°c kan kompresor mati, lama kelamaan suhu ruangan kan akan naik ke 3,4,5 dan seharusnya di 5°c kan kompresor menyala. Tapi dengan adanya pengaturan start-up delay, kompresor tidak langsung nyala. Setelah suhu mencapai titik angka 5 kompresor akan menyala setelah mencapai waktu yang di atur dalam start-up delay ini. Jika di atur di 5 menit, maka kompresor akan menyala setelah suhu mencapai 5°c di tambah waktu 5 menit. Walaupun suhu sudah di titik 9°c tapi jika belum 5 menit kompresor belum menyala.

  • F05 Defrost cycle, pengaturan ini maksudnya adalah mengatur berapa lama sekali defrost atau pencairan di lakukan. Contoh jika di setting di angka 6 maka di setiap 6 jam sekali akan terjadi pencairan atau defrost.

  • F06 Defrost time,  pengaturan ini untuk mengatur seberapa lama proses defrost atau pencairan. Contoh jika di setting di angka 30 maka lamanya defrost adalah 30 menit.

  • F07 Alarm temperatur, valae when exceeding temperatur limit. ini fungsi nya adalah mengatur di titik suhu berapa alarm akan berbunyi. Contoh jika di atur di 20 maka jika ruangan mencapai suhu 20°c alarm akan berbunyi atau kadang hanya ada tanda kedip². 

  • F08 Mode selection, pengaturan ini untuk setting penggunaan. Maksudnya thermostat etc 200 ini bisa di gunakan untuk mesin pendingin atau pemanas. Standard setting nya di "0" atau sebagai thermostat pendingin, dan jika thermostat ini akan di gunakan pada mesin pemanas maka F08 di setting di angka "1" .





Untuk pengaturan P1 P2 P3 adalah untuk mengatur password saat masuk pengaturan thermostat. Ini bisa di atur sesuai keinginan anda tapi kalian harus hapal. Kalau tidak nanti akan kesulitan waktu masuk ke menu pengaturan nya. Untuk pengaturan standar pabrik nya adalah 111.





Baca juga:  cara kalibrasi thermostat eliwell





Ok kita masuk ke cara setting thermostat digital elitech etc 200 ini





Langkah pertama adalah tekan "set" selama 3 detik, setelah itu akan terlihat 3 tanda strip. Masukan satu persatu password nya. Jika belum pernah di rubah maka password nya adalah 111. Langkahnya masukan password pertama dengan menekan tanda up atau down, jika sudah di masukan angka pertama nya lalu tekan tanda defrost atau sisi kiri dari tombol down sampai ke pasword ketiga. Lalu nanti akan terbuka tampilan F01, lalu atur sesuai keinginan anda dengan cara atau patokan yang sudah saya jelaskan di atas. Oh iya jika anda lupa password masuknya, anda bisa reset password menjadi default dengan menekan tombol set + tanda defrost bersamaan selama 5 detik. Sekian semoga bermanfaat, jika ada kesalahan dalam penulisan saya atau ada pertanyaan silahkan sampaikan lewat kolom komentar dibawah ini.


2 komentar

Alarm berbunyi dan display ada tulisan E1 bagaimana cara mengatasinya

Error E1 pada elitech etc 200 di sebabkan masalah pada probe atau sensor suhu. Mungkin bisa karena putus atau sudah tidak berfungsi.
Terimakasih sudah berkunjung


EmoticonEmoticon