Apa sih Pay per click? Mari di sini kita bahas tentang apa yang di maksud pay per click. Pay per click lebih di kenal dalam dunia advertising atau periklanan yang berada dalam sebuah metode periklanan online. Pay per click atau bayar per klik ( BPK) akan menjadi sebuah metode alternatif jika anda gagal dalam optimimasi iklan secara alami agar iklan anda tampil di sebuah mesin serp.
PPC atau pay per click sebenarnya juga di pakai oleh pengiklan maupun website mitra penayang iklan. Ambil contoh jika google adsense dan AdWords. Tapi PPC lebih di kenal oleh para pengiklan atau pengguna Google AdWords, sedangkan penayang atau situs mitra google lebih mengenalnya BPK ( bayar per klik )
Media periklanan yang menerapkan PPC atau pay per click, banyak sekali ada yang lokal maupun yang internasional, ada yang kecil ada yang sudah besar. Dan media periklanan yang sudah besar yang familiar di semua negara serta kwalitas mumpuni adalah google AdWords. Tapi PPC juga berlaku di media periklanan berbasis aplikasi sosmed. Contohnya LinkedIn atau juga Facebook, jika Facebook lebih di kenal dengan Facebook ads. Untuk sebutan mitranya adalah audience network.
Lalu bagaimana sih cara kerja nya iklan PPC itu? Jika kita pengguna jasa iklan di Google AdWords adalah sebelum iklan tampil di penelusuran atau pun di website mitra google, terlebih dahulu kita harus mengisi dulu saldo serta mengikuti step by step pemasangan iklannya. Jika sudah iklan kita sudah tayang, dan iklan kita di klik sama orang maka saldo kita akan berkurang sesuai besarnya PPC yang berlaku pada keyword iklan anda.
Lalu berapa besarnya biaya PPC atau pay per click iklan kita? Jika anda pengguna Google AdWords maka besar kecilnya biaya PPC itu tergantung keyword yang di inginkan. Maksudnya tergantung keyword bagaimana? Ya tergantung keyword atau target iklan kita bisa muncul pada pencarian yang sesuai produk yang anda pasarkan. Semakin banyak pesaing pemasang iklan di Google AdWords maka akan semakin besar pula biaya PPC. Kok begitu ? Iya lah kan semua pengguna jasa advertising sama sama ingin tampil paling atas dan bertahan untuk mendapatkan klik dari customer. Jadi sistemnya kurang lebih seperti lelang. Siapa yang berani bayar mahal, dialah pemenangnya. Tapi jangan khawatir jika anda pengguna Google AdWords, karena di Google AdWords juga tersedia berbagai cara untuk strategi bid untuk biaya PPC iklan kita. Tapi ya tidak jaminan iklan akan selalu paling atas. Tapi bukan berarti tidak punya kesempatan Lo ya. . Karena kompetitor iklan AdWords pun juga membatasi budget untuk pengeluaran biaya iklan PPC nya.
Oke cukup sekian bahasan saya tentang iklan PPC atau pay per click. Jika ada saran atau pertanyaan silahkan isi komentar di bawah ini.
Semoga bermanfaat salam gatekno.net
2 komentar
Manatab maa broo sharenya
Terima kasih atas penjelasannya
EmoticonEmoticon